Menyamarkan Dan Mengatasi Bekas Jerawat Secara Alami

Munculnya jerawat pada wajah disebabkan oleh bakteri propionibacterium acne yang terus berkembang. Faktor penyebabnya adalah karena peningkatan hormon dan kandungan minyak berlebih pada wajah. Bakteri ini juga akan terus berkembang jika kita malas membersihkan muka secara teratur. Namun sebaliknya, terlalu sering mencuci atau membersihkan wajah juga memiliki dampak yang tidak baik. Hal tersebut dapat menghilangkan minyak pada wajah dan mendorong lebih banyak produksi minyak. Akibatnya jerawat pun lebih mudah muncul.

Penyebab munculnya bekas jerawat

Bagi beberapa orang, bekas jerawat merupakan masalah serius karena akan mengganggu penampilan. Jerawat yang muncul pada wajah menyebabkan terjadinya peradangan pada lapisan kulit terluar atau yang lebih dikenal dengan lapisan dermis. Setelah jerawat menghilang, umumnya akan muncul bekas jerawat berbentuk bintik hitam pada wajah. Hal ini bisa dikarenakan proses penyembuhan jerawat secara tidak normal. Akibatnya bagian kulit tersebut mengalami kekurangan kolagen yang membuat munculnya bekas jerawat.

Mengatasi bekas jerawat secara alami

Tidak perlu khawatir karena bekas jerawat yang menempel pada wajah bisa dihilangkan dengan menggunakan beberapa cara. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan.

  1. Mengatasi bekas jerawat dengan es batu

Es batu memiliki fungsi anti-inflamasi untuk menenangkan kulit yang meradang akibat bekas jerawat. Es batu juga membantu mengurangi kemerahan dan mencegah munculnya noda hitam. Cara menggunakan es batu untuk mengatasi bekas jerawat bisa dibilang sangat mudah. Bungkus es batu dalam sebuah kain bersih terlebih dahulu. Kemudian tempelkan kain pada bekas jerawat dan diamkan hingga kulit terasa mati. Untuk memberikan manfaat yang maksimal, coba ganti air dengan teh hijau agar zat anti-inflamasi yang terkandung semakin menguat.

  1. Mengatasi bekas jerawat dengan tanaman lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera memilki kandungan zat aloesin yang berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin pada kulit. Fungsi utama dari tanaman lidah buaya adalah untuk melembabkan kulit dan membantu menyamarkan noda hitam karena bekas jerawat. Ambil gel lidah buaya lalu tempelkan pada bagian wajah yang memiliki bekas jerawat. Diamkan selama 30 menit hingga gel mengering, kemudian bilas. Untuk memberikan hasil yang maksimal, Anda bisa mencampurkan gel lidah buaya dengan 2 tetes minyak pohon teh. Selain menyamarkan noda bekas jerawat, cara ini berfungsi untuk mencerahkan dan meremajakan kulit wajah.

  1. Mengatasi bekas jerawat dengan kayu cendana

Kayu cendana memiliki manfaat untuk membantu menyembuhkan kerusakan yang terjadi pada kulit. Anda harus membuat masker kayu cendana terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Pertama, siapkan 1 sendok makan bubuk kayu cendana. Kemudian campur bubuk tersebut dengan beberapa tetes air mawar atau madu. Jika kedua bahan tersebut tidak ada, Anda bisa mencampurnya dengan susu. Aduk adonan hingga mirip adonan pasta. Lalu tempelkan adonan tersebut sebagai masker pada bagian wajah yang terdapat bekas jerawat. Diamkan selama 30 menit dan bilas wajah menggunakan air bersih. Cara ini terbukti cukup efektif untuk membantu mengatasi bekas jerawat, oleh karena itu gunakan masker kayu cendana secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa menggunakan apple stem cell plus untuk membantu mengatasi bekas jerawat. Merupakan serbuk minuman anti oksidan, apple stem cell plus memiliki beberapa manfaat seperti membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan cerah, meratakan belang, meregenerasi sel serta menyamarkan bekas jerawat. Produk ini aman digunakan pada jenis kulit sensitif dan tidak menimbulkan efek samping apapun. Konsumsi apple stem cell plus untuk membantu mengatasi bekas jerawat secara alami.